Cara Install Virtualbox Di Linux

cara install virtualbox di linux
cara install virtualbox di linux

Cara Install Virtualbox Di Linux – Sistem operasi di dunia komputer sangat banyak sekali. Namun yang paling terkenal seperti Windows, Mac Os, dan Linux OS sejuta umat. Sistem operasi tersebut sangat berguna sekali untuk membantu kegiatan sehari-hari. Setiap OS juga memiliki lisensi tersendiri kecuali linux yang berbasis gratis atau open source. Namun sekarang ini banyak yang menggunakan OS bajakan atau crack. Hal tersebut menjadi salah satu rawannya komputer sering lemot atau terkena virus.

Jika ingin menggunakan yang gratis maka gunakan saja Linux OS karena tidak membutuhkan lisensi. Pengguna linux juga sangat diuntungkan karena menunya hampir sama dengan OS lainnya. Sehingga untuk kebutuhan kerja atau aktivias sehari-hari lebih cepat. Kecepatan prosesnya juga lebih cepat daripada yang berbayar, namun tergantung juga dengan spesifikasi laptopnya. Itulah yang membuat linux menjadi salah satu pilihan OS yang menarik.

Namun sayangnya jika kamu menggunakan aplikasi windows tidak bisa instal di linux. Biasanya ada aplikasi yang hampir persis dengan aplikasi di windows. Seperti corel, photoshop, game, dan lain-lain juga tidak bisa diinstall. Itu yang membuat linux jarang digunakan banyak orang. Karena orang lebih menguasai windows daripada linux. Tapi ada cara untuk menginstall aplikasi windows di linux, yaitu menggunakan virtualbox.

Bagaimana cara install virtualbox di linux dengan mudahnya? Caranya sangatlah mudah. Yang terpenting harus terkoneksi dengan internet yang cepat. Cara install virtualbox di linux juga berbeda-beda tergantung dari jenis linuxnya. Seperti jenis distro linux debian, ubuntu, white hat, dll. Berikut ini adalah cara install virtualbox di linux mint.

Cara Install Virtualbox Di Linux Mint

Virtualbox dikenal sebagai salah satu aplikasi virtual yang bisa untuk latihan install ulang OS. Sehingga jika terjadi kesalahan tidak akan berakibat ke perangkat aslinya. Virtualbox jika di install di linux bisa untuk menjalankan aplikasi windows, sehingga bisa berjalan di linux OS. Berikut adalah tahapan atau langkah-langkah install virtualbox di linux mint.

  • Buka terminal linux, atau menggunakan cara cepat Ctrl + Alt + T.
  • Setelah itu ketikan su atau sudo su pada terminal, tekan enter.
  • Lalu ketik atau copy perintah apt-get install virtualbox pada terminal.
  • Akan muncul tulisan yang panjang, jika muncul pilihan y/n tekan y atau yes, kemudian enter.
  • Tunggu sampai proses selesai, jika sudah selesai ketik atau copy perintah apt-get install virtualbox-qt pada terminal.
  • Jika sudah maka tunggu sampai selesai konfigurasi virtualboxnya.
  • Apabila sudah selesai bisa langusng cek aplikasi virtualboxnya. Selesai.

Cara instal virtualbox tersebut bisa kamu coba di linux ubuntu, linux, atau linux debian yang lain. Karena pada dasarnya perintah yang digunaka sama yaitu apt-get yang artinya menginstall lewat online. Jika sudah terinstal maka bisa untuk bermain dua OS sekaligus. Itulah keuntungan menggunakan virtualbox, tetapi akan membuat laptop lemot. Karena memutuhkan memori virtual dari memori aslinya, sehingga membuat laptop lemot.

Cara instal virtualbox di linux debian juga tidak hanya lewat terminal saja. Bisa juga seperti windows yang mendownload installernya saja. Tapi format untuk linux bukan .exe melainkan .deb atau .tar dan sebagainya. Kamu juga bisa download virtualbox linux mint di website resminya. Jika kamu inging mendownloadnya bisa lewat link ini. Kemudian pilih mau yang 32bit atau 64bit sesuai spesifikasi komputer kamu.

Itulah cara install virtualbox menggunakan terminal linux atau offline. Semoga cara tersebut bisa kamu lakukan dengan lancar dan mudah. Jangan lupa untuk share ke sosial media untuk membuat website ini berkembang. Terima kasih sudah membaca artikel ini.