Cara Cek NIM Online

Cara Cek NIM
Cara Cek NIM

Cara Cek NIM РSekarang sudah banyak sekali universitas/perguruan negeri maupun swasta. Minat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian sebagian orang. Di Indonesia sendiri banyak yang ingin meneruskan ke bangku kuliah, karena ingin mencari ilmu yang banyak. Saat ini sudah banyak jenis perguruan tinggi negeri maupun swasta dengan berbagai jurusan.

Sehingga kamu bisa menginginkan jurusan apa yang sesuai dengan kemampuan kamu. Orang tua pasti menginginkan anaknya sekolah sampai sarjana, karena akan lebih mudah mencari pekerjaan. Tetapi banyak juga yang tidak mampu sehingga anak mereka harus bekerja dahulu untuk mencari uang.

Selamat bagi kamu yang baru saja diterima di universitas/perguruan negeri maupun swasta. Pasti untuk masuk ke tempat kuliah yang kamu suka sangat sulit, mungkin sainganmu terlalu banyak. Bagi kamu yang belum berhasil bisa mencoba di tahun berikutnya. Jika sudah dinyatakan lolos dan masuk sebagai mahasiswa baru, pasti sudah diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).

Untuk memastikan bahwa kamu sudah dimasukan kedalam universitas tersebut bisa kamu cek sendiri. Ada cara cek nim yang mudah untuk digunakan, karena hanya bermodalkan internet. Berikut adalah cara cek nim perguruan tinggi secara online di internet.

Cara Cek NIM Universitas

Sebagai mahasiswa pasti akan memiliki nomor identitas atau tanda pengenal lainnya. Yang menunjukan bahwa orang tersebut merupakan salah satu mahasiswa sekolah tersebut. Biasanya NIM dibutuhkan untuk beberapa hal yang penting seperti mengisi biodata. Oleh karena itu kita harus ingat NIM sendiri, tetapi jika lupa bagaimana?

Tenang, sekarang sudah zamannya dunia online, kamu bisa mengecek atau mencari NIM milik kamu. Cara cek NIM online ini sangatlah mudah untuk dilakukan, berikut adalah langkah-langkah cara cek NIM secara online.

  1. Pastikan koneksi internet kamu berjalan dengan lancar dan cepat.
  2. Masuk ke browser kamu, kemudian cari PDDIKTI atau https://forlap.ristekdikti.go.id/mahasiswa
  3. Setelah itu cari perguruan tinggi milik kamu.
  4. Masukan jurusan yang kamu pelajari.
  5. Masukan kata kunci seperti NIM atau Nama Mahasiswa.
  6. Hitung penambahan untuk keamanan.
  7. Klik Cari Mahasiswa, jika tidak ada berarti data yang dimasukan salah.
  8. Ulangi sampai berhasil dan ketemu. Selesai.

Pentingnya NIM

Nomor Induk Mahasiswa merupakan salah satu bukti bahwa kita adalah mahasiswa dari universitas tersebut. Juga sebagai data akurat di database universitas tersebut, bahwa sudah terdaftar secara nasional. Dengan adanya NIM akan memudahkan mengurutkan data mahasiswa bahkan di seluruh Indonesia. Banyak yang membutuhkan NIM untuk mengisi beberapa biodata tertentu.

Dengan adanya website dari kementrian pendidikan tersebut akan membantu sekali apabila lupa NIM. Identitas mahasiswa biasanya dilihat dari almamaternya sehingga dengan mudah dikenali. Itulah cara cek NIM online dengan mudah yang bisa kami jelaskan.

Dalam website tersebut juga terdapat banyak sekali data yang juga penting dan perlu diketahui. Seperti data dosen yang mengajar di universitas tersebut, jumlah perguruan tinggi, jumlah prodi, dan lain-lain. Banyak sekali yang bisa kamu temukan dalam website tersebut. Bagi seorang mahasiswa yang mencari data pasti sangat terbantu sekali dengan adanya website tersebut.

Demikian artikel tentang cara cek NIM mahasiswa secara online ini. Semoga artikel ini dapat membantu yang sedang mencari NIM untuk kepentingan tertentu. Jangan lupa share di sosial media kamu agar teman-teman kamu bisa membacanya juga. Banyak artikel menarik di ribuancara.com yang bisa kamu baca. Terima kasih sudah membaca artikel ini.