Cara Ternak Kalajengking

Cara Ternak Kalajengking – Kalajengking merupakan hewan beruas yang memiliki delapan kaki (oktopoda) yang masuk dalam kategori ordo Scorpiones kelas Arachnida. Kalajengking ini masih berkerabat dengan hewan jenis laba-laba, ketonggeng, tungau, dan juga caplak. Ada sekitar 2000 jenis dari spesies kalajengking.Tubuh hewan kalajengking terbagi menjadi dua segmen: cephalothorax dan jug abdomen. Abdomen ini juga terdiri atas mesosoma serta metasoma.

Gambaran Umum Kalajengking

Kalajengking ini masuk dalam golongan  serangga yang cukup aktif di malam hari atau disebut dengan nokturnal serta pada siang hari yakni diurnal. Ia juga salahg satu hewan predator pemakan laba-laba, serangga, kelabang,dan sesama kalajengking lain yang ukurannya lebih kecil. Kalajengking yang berukuran lebih besar terkadang makan vertebrata yakni seperti kadal, ular dan juga tikus. Mangsa yang terdeteksi oleh kalajengking ini juga melalui sensor vibrasi organ pektin. Pedipalpi (capit) memiliki susunan rambut halus yang akan merasakan vibrasi yang berasal dari udara.

Baca Juga Rahasia Cara Ternak Lele dengan Mudah

Baca Juga Beginilah Cara Membuat Sapi Gemuk yang baik dan benar

Baca Juga Cara Ternak Lebah Madu Yang Baik Bagi Pemula

Tips Memelihara dan Cara Ternak Kalajengking

Untuk kamu yang memiliki niat ingin memelihara Kalajengking. Maka spesies Kalajengking terbaik bagi pemula yakni jenis Scorpion Kaisar. Kalajengking ini memiliki ukuran yang besar, cenderung lebih tenang, bersih, serta mudah untuk dirawat. Sengatan mereka sudah disamakan seperti sengatan lebah. Nah, penasaran bagaimana cara memelihara kalajengking? Nah simak dibawah ini :

1.Sediakan Akuarium

Sediakan akuarium atau bisa juga dengan kontainer plastik yang memiliki ukuran sedang yang diatas ada tutupnya. Letakkan juga ditempat yang cukup aman dari jangkauan anak – anak. Jangan dengan meletakan ditempat yang akan terkena cahaya matahari secara langsung ataupun sinar lampu yang cukup terang. Sebab kalajengking merupakan hewan nocturnal.

2.Gunakan Sabut Kelapa Sebagai Alasnya

Alasnya untuk dianjurkan menggunakan cocopeat atau serbuk dari sabut kelapa sebab ini sangat baik untuk menjaga kelembaban. Akan tetapi dapat juga dengan menggunakan serbuk bekas kayu. Sediakan juga pada tempat tersembunyi sebab Kalajengking suka untuk bersembunyi seperti halnya di habitat asli. Tempat untuk bersembunyi ini dapat dibuat dari kayu – kayuan, serta dari daun – daunan yang kering.

3. Siap kan Tempat Air

Sediakan juga tempat air ataupun water dish yang berguna untuk berendam juga minum kalajengking. Ingat untuk jangan terlalu dalam kapasitas airnya, nanti akan menyebabkan dia menjadi tenggelam. Kamu dapat meletakkan batu – batuan kedalam wadah minum Kalajengking. Serta jangan lupa untuk mengganti air selama dua hari sekali guna memastikan Kalajengking akan mendapatkan air yang bersih terus, supaya sehat.

4. Beri Makanan Secara Teratur

Makanan dari kalajengking merupakan serangga yang berukuran lebih kecil dari bentuk tubuhnya, seperti halnya belalang, jangkrik, ngengat. Untuk Kalajengking yang telah dewasa dapat memakan pinkies atau anakan tikus yang kulitnya masih berwarna pink dan cicak. Serta juga dapat memakan ulat Hongkong dan ulat Jerman. Beri kalajengking makan pada saat sore hari sebab Kalajengking merupakan mahluk nocturnal, hewan ini akan aktif pada malam hari.

5. Cara memegang kalajengking

Cara untuk memegang hewan kalajengking dengan cara mengangkat dengan cara perlahan –  lahan dari arah belakang dibawah ekor sengatnya dan langsung untuk letakan pada tangan. Kalajengking ini tidak akan menyengat dan juga mencapit jika telah ada ditangan, sebab dia akan menganggap bahwa tangan merupakan pijakan ataupun tanah. Jangan menyentuh daerah punggungnya kalajengking ya karena dapat membahayakan.

Itulah beberapa tips dan cara ternak kalajengking yang sedikit kami bahas pada kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan serta pengetahuan kita.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel artikel kami lainnya di ribuancara.com