Bahaya Kecanduan Bermain Game

Bahaya Kecanduan Bermain Game
Bahaya Kecanduan Bermain Game

Bahaya Kecanduan Bermain Game – Dunia anak – anak memang sering disebut dengan nama dunia bermain, dimana anak – anak akan banyak menghabiskan waktu dengan bermain, baik itu bersama keluarga, saudara ataupun bersama teman – temannya.

Ada pula yang menjadi pembahasan pada kesempatan kali ini, bahwa fenomena pada saat ini. Aktifitas anak untuk bermain yang berada di luar ruangan akan membuat semakin menurun. Hal ini adalah hal yang kurang baik sebab anak kekurangan aktivitas fisiknya.

Salah satu dari penyebab anak yang terlalu sering bermain video game, yang sekarang ini jumlahnya yang semakin banyak, baik itu yang dimainkan pada komputer, laptop, maupun gadget.

Banyak juga orangtua yang salah mengira, bahwa anaknya yang jenius karena pintar bermain game. Hal itu memang benar. Namun perlu untuk diketahui juga,  yang terjadi justru anak – anak yang terlalu sering dengan bermain video game dapat membahayakan pada kondisi fisik ataupun psikologisnya.

Penelitian yang sudah dipublikasikan di Jurnal Pediatrics, antara lain yakni penelitian dilakukan di Seattle Children’s Research Institute pada 2011. Lowa State University pada 2010 dan penelitian Stanford University School of Medicine pada 2009.

Penelitian itu menyimpulkan hasil dari penelitiannya bahwa terlalu banyak bermain game dapat mengganggu pada proses tumbuh kembang anak.

Baca Juga:

Manfaat Bawang Putih

Cara Mengubah Password Gmail

Manfaat Daun Pepaya

1.Gangguan yang terjadi pada radang sendi anak

Masalah kesehatan yang tidak jarang dialami oleh anak yang suka bermain game merupakan postur tubuhnya yang menjadi membungkuk. Hal ini karena posisi duduk anak yang tidak teratur (dan kurang baik) ketika bermain game.

Pada sebuah penelitian yang ada di Inggris dan juga Amerika Serikat. Menemukan penyebab dari sakit serta nyeri yang dialami oleh anak – anak sesudah bermain game di handphone. Maupun membuka aplikasi yang lainnya selama durasi yang berjam – jam.

Yakni terjadi juga kondisi gerakan tangan yang sama serta berulang – ulang ketika anak bermain game pada handphone. Yang apabila telah sangat lama memakai handphone. Maka dapat memberikan dampak yang cukup parah yakni berupa rasa nyeri yang dahsyat pada pergelangan tangan.

2. Gangguan pada penglihatan anak

Seringnya bermain game juga dapat menimbulkan masalah yang terjadi pada organ mata. Bermain game yang sangat lama disertai dengan adanya jarak mata dan juga monitor yang sangat dekat. Bisa memberikan dampak yang buruk di penglihatan anak.

Menurut pendapat Dra. Mayke S. Tedjasaputra, M.Si., yang merupakan seorang play therapist. Berpendapat bahwa bermain game pada handphone, laptop maupun komputer atau juga gadget dan yang lainnya memang dapat memberikan daya stimulus yang kuat untuk anak, karena adanya gerak dan juga suara.

Namun, jika terlalu lama untuk bermain game dapat menimbulkan bahaya. Dimana dapat menyebabkan anak yang terlalu fokus di layar saja. Yang dapat mengakibatkan tracking di mata, yang pada akhirnya dapat menurunkan kemampuan anak ketika membaca.

3.Bahaya obesitas pada anak

Seringnya  bermain video game, dapat membuat kurangnya aktivitas pada anak di luar ruangan. Yakni dimana mereka hanya duduk saja di depan layar untuk bermain game hal ini yang membuat anak dapat terkena obesitas.

Meskipun jarang terjadi, namun anak yang telah kecanduan bermain game ini. Minimalnya yakni akan mengurangi pada aktivitas geraknya. Dimana yang seharusnya anak yang seumumrnya perlu untuk sering melakukan aktivitas fisik. Dengan tujuan menunjang pada kekuatan tubuhnya yang sedang tumbuh dan berkembang.

4.Gangguan motorik anak.

Tubuh yang tidak sering untuk digerakan ini, yakni terutama lagi pada anak – anak, Hal ini beresiko mengurangi faktor kesempatan anak guna melatih kemampuan motoriknya, yang dapat memberikan risiko yang fatal pada anak.

5.Gangguan kesehatan secara umum

Menatap layar video games secara terus menerus pada waktu yang lama. Hal ini mengakibatkan anak menjadi rentan untuk mengalami nyeri leher, sakit kepala, gangguan tidur, hingga gangguan pada penglihatan.

Sebenarnya masih banyak sekali bahaya kecanduan game yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Sebaikya apabila kita ingin bermain game online, jangan terlalu monoton. Berilah jeda untuk tubuh agar beristirahat, supaya tubuh kita senantiasa sehat selalu.

Itulah sebagian kecil dari bahaya kecanduan game yang dapat mengganggu kesehatan kita. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Jangan lupa kunjungi terus ribuancara.com untuk update artikel terbaru dari kami.