5 Fakta yang Belum Anda Ketahui Soal Hari Pramuka

Hari Pramuka – Praja Muda Karana atau yang dikenal dengan Pramuka memiliki arti Jiwa Muda yang Suka dalam Berkarya. 14 Agustus di Indonesia sudah diakui  dan juga diperingati sebagai Hari Pramuka. Pramuka ini mempunyai sejarah yang ikut berkontribusi dan turut andil dalam perjalanan bangsa. Lahirnya Pramuka yang ada di Indonesia juga turut menyulut dengan berdirinya sebuah pergerakan nasional.

Gerakan Pramuka merupakan salah satu dari gerakan pendidikan yang telah dikenal sejak dini. Sejak usia masih taman kanak-kanak sampai dengan lulus SMA, hampir pada setiap siswa yang di Indonesia pasti akan mengenal Pramuka dan menggunakan seragam dari pramuka.

Pramuka memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Gerakan pramuka atau gerakan kepanduan ini berasal dari negara Inggrisyang kemudian diserap ke dalam Indonesia atau pada zaman penjajahan sebagai Hindia Belanda pada masa tersebut sejak tahun 1912.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Usia Dini

Baca Juga : Alasan Pentingnya Penidikan Karakter

Baca Juga : Makna Kemerdekaan Indonesia

Di dalam perkembangannya juga, gerakan yang didalamnya mengajarkan tentang kemandirian, pembentukan karakter atau watak, akhlak, serta budi pekerti luhur yang semakin disesuaikan dengan adanya pendidikan di Indonesia dan telah tidak dapat untuk dipisahkan lagi.

Pramuka sendiri, terdapat banyak sebutan untuk anggotanya yang meliputi dari berbagai tingkatan usianya. Anggota Pramuka yang memiliki usia 7 – 10 tahun disebut dengan Pramuka Siaga, usia 11-15 tahun disebut Pramuka Penggalang, usia 16-20 tahun disebut Pramuka Penegak, dan usia 21-25 tahun disebut Pramuka Pandega.

Berikut adalah 5 Fakta Pramuka yang belum kamu ketahui

  1. Asal Nama Pramuka

    Asal Nama Pramuka
    Asal Nama Pramuka

Nama Pramuka untuk gerakan organisasi kepanduan yang ada di Indonesia mulai diresmikan sejak tanggal 14 Agustus tahun 1961. Banyak juga yang beranggapan bahwa nama Pramuka adalah singkatan dari sebuah nama Praja Muda Karana. Akan tetapi, sebenarnya kata Pramuka yang pertama kali dikenalkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dari keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di tahun 1950-an. Kata Pramuka juga diambil dari sebuah kata poromuko yang memiliki arti prajurit yang juga terdepan didalam suatu peperangan.

  1. Asal Nama Praja Muda Karana

    Asal Nama Praja Muda Karana
    Asal Nama Praja Muda Karana

Sebelum organisasi gerakan Pramuka ini diresmikan. Salah satu dari kegiatan kepanduan yang ada di Indonesia merupakan Pionir Muda yang juga dipelopori oleh seorang Menteri yakni Prijono. Didalam proses pergantian nama, supaya Pramuka dianggap sebagai Pionir Muda, maka ini diciptakanlah dengan istilah Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana. Istilah yang mempunyai arti sebagai warga Negara muda yang sedang bekerja. Ini diperkenalkan pertama kali oleh Soemartini.

  1. Janji Pramuka

    Janji Pramuka
    Janji Pramuka

Setiap anggota organisasi gerakan Pramuka yang dilantik di semua dunia pasti juga pernah mengucapkan beberapa janji atau sumpah Pramuka. Saat ini sudah tercatat setidaknya ada 500.000 anggota Pramuka di dunia yang sudah mengucapkan Janji Pramuka dari awal berdirinya Pramuka yang ada sejak awal abad yang ke 20. Di Republik Indonesia sendiri janji ini juga disebut dengan nama Tri Satya Pramuka. Selain itu juga, Pramuka Indonesia sudah mengenal 10 aturan yang wajib untuk dipenuhi, yang disebut dengan nama Dasa Dharma Pramuka.

  1. Seragam Pramuka

    Seragam Pramuka
    Seragam Pramuka

Pada umumnya seragam Pramuka di dunia cukup identik antara satu dengan yang lain. Umumnya seragam kegiatan gerakan Pramuka ini berupa kemeja dengan tambahan dasi atau kacu. Warna dari seragam Pramuka yang pada umumnya akan mengacu pada warna alam yang lain, dengan didominasi warna cokelat. Di Indonesia sendiri, seragam Pramuka berwarna cokelat muda dan juga cokelat tua, yang juga melambangkan sebuah elemen air dan elemen tanah.

  1. Organisasi Pertama Pramuka Berasal dari Inggris

    Organisasi Pramuka
    Organisasi Pramuka

Organisasi Pramuka yang dipelopori oleh seorang tentara dari Inggris yang memiliki nama Robert Stephenson Smyth Baden Powell. Lewat buku karyanya yang berjudul Scouting for Boys. Baden Powell yang menuliskan pengalamannya ketika berkemah di Brownsea Island bersama anak – anak tetangganya ketika bulan Agustus tahun 1907. Buku yang menceritakan tentang perjalanannya saat berkemah tersebut yang dianggap sebagai awal mulanya dari organisasi dan juga kegiatan Pramuka atau juga kepanduan yang ada di seluruh dunia.

Kunjungi juga ribuancara.comyang mempunyai banyak cara dan pengetahuan yang banyak sehingga dapat meningkatan wawasan Anda.

 

 

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *