3 Manfaat Timun yang Bagus Untuk Kesehatan Kita

manfaat timun

Manfaat Timun – Timun merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang bisa dimakan dan dikonsumsi sebagai lalapan. Timun yang belum matang sepenuhnya biasanya cocok dijadikan sebagai lalapan makanan tergantung jenisnya. Timun atau biasa disebut mentimun ini memang sudah ada di seluruh dunia, dan banyak sekali kita temukan saat kita makan makanan di restoran ayam. Mentimun memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan kita, karena timun berisi kandungan air yang cukup banyak. Cocok sekali dimakan jika kita butuh penyegar tenggorokan, dan enak dimakan saat cuaca sedang panas.

Dalam dunia kesehatan obat herbal, manfaat timun memang sudah tidak diragunakan lagi. Apalagi timun bisa mengendalikan tekanan darah yang terjadi akibat hipertensi ataupun hipotensi. Satu porsi timun atau 50 gram berisi 80 gram kalium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam tubuh kita, kalium bekerja untuk melebarkan pembuluh darah sehingga menciptakan tekanan darah yang tadinya tinggi jadi menurun. Secara sederhana, timun dianggap mempunyai efek yang sama seperti obat hipertensi ataupun hipotensi.

Di samping itu semua, kandungan vitamin K yang berlimpah di dalam timun pun dapat di manfaatkan untuk kesehatan tulang dan menangkal tulang yang gampang patah atau retak. Kandungan cucurbita di dalam mentimun pun dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya membantu mengurangi tekanan gula di dalam darah, menangkal aterosklerosis serta kanker. Dan selain itu, manfaat timun juga dipakai secara topikal untuk menyembuhkan kulit yang sedang iritasi karena mempunyai sifat antiradang. Biji mentimun pun mempunyai kandungan anthelmintic.

Apa saja Manfaat Timun yang baik untuk kesehatan? Mari simak pembahasannya berikut ini yang dapat kita jadikan sebagai pengetahuan.

Manfaat timun untuk wajah

manfaat timun

Timun memiliki banyak manfaat yang bisa untuk wajah kita agar terlihat lebih cerah dan sehat secara alami. Timun memiliki banyak kandungan senyawa yang bisa membuat wajah kita lebih bagus, jadi apa saja manfaat timun untuk wajah?

  1. Menghilangkan mata panda

Kandungan antioksidan dan silica di dalam mentimun sangat baik untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata atau mata panda. Caranya iris timun menjadi dua irisan lalu tempelkan ke bagian mata dan diamkan selama 30 menit. Selain itu dengan mencelupkan kapas ke dalam jus timun lalu ditempelkan ke bagian mata juga bisa digunakan, mata harus tetap tertutup.

  1. Mencerahkan kulit wajah

Mentimun dapat membuat cerah kulit wajah dengan cara menghaluskan timun lalu dicampur air lemon. Kemudian oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lihat hasilnya sendiri

  1. Mengatasi wajah berminyak

Wajah sering kali berminyak apalagi jika terkena polusi dan panas, maka wajah akan menghasilkan minyak yang banyak. Dengan menggunakan mentimun yang dihaluskan lalu di oleskan ke seluruh bagian wajah selama 30 menit dapat menghilangkan minyak di wajah.

  1. Mengecilkan pori-pori wajah

Walaupun tidak menghilangkan pori-pori wajah secara langsung namun akan tersamarkan dan lebih mudah tertutup. Caranya sama dengan di haluskan kemudian ditambah cuka apel, lidah buaya, dan tomat lalu oleskan ke seluruh bagian wajah.

  1. Mencegah penuaan dini

Timun dapat mencegah penuaan dini karena timun memiliki kandungan vitamin c dan caffeic acid, kandungan ini mampu menghilangkan keriput dan mengembalikan kulit wajah yang rusak. Buat masker mentimun dengan tambahan 2 sendok yogurt lalu oleskan ke wajah selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat agar terlihat perbedaannya.

Manfaat timun untuk mata

manfaat timun

Timun mempunyai banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan mata kita, karena timun mengandung berbagai jenis vitamin yang baik untuk mata. Apa saja manfaat timun untuk mata?

  1. Menghilangkan kantung mata

Kantung mata memang menggangu penampilan wajah kita, sebagai wanita memang sering memperhatikan penampilan apalagi wajah. Kantung mata memang menggangu penampilan karena terlihat lelah dan jelek. Kantung mata bisa disebabkan karena terlalu lama bermain hanhphone dalam ruangan gelap. Selain membahayakan kesehatan mata, hal itu juga tidak baik untuk kita semua. Jika tidak segera diatasi mata akan mengalami gangguan mata yang lebih serius lagi dan bisa terkena kanker mata. Caranya sama dengan menghilangkan mata panda.

  1. Mengatasi mata bengkak

Mata benggak terjadi karena sebab sering mengucek mata dan sering menangis. Mata benggkak membuat penampilan anda semakin jelek dan membuat anda tidak pede. Timun bisa mengatasi mata bengkak dengan cara yang sama dengan cara diatas.

Manfaat timun untuk ibu hamil

manfaat timun

Bagi ibu yang sedang hamil disarankan banyak mengkonsumsi timu karena mempunyai banyak manfaat dan vitamin. Mengkonsumsi timun pada saat sedang hamil malah tidak dilarang sama sekali dengan syarat tertentu agar tidak melebihi batas. Berikut beberapa manfaat timun untuk ibu hamil yang bisa Anda rasakan dengan memakan timun pada saat sedang hamil.

Beberapa Manfaat Timun Untuk Ibu Hamil

  1. Timun mempunyai kandungan kalori yang rendah dan mengakibatkan tidak akan mengalami kenaikan berat badan saat sedang hamil. Hal ini malah sangat bagus karena ibu hamil perlu asupan makanan yang lebih banyak saat sedang hamil.
  2. Mentimun mempunyai banyak kandungan air yang tinggi sehingga bisa mencegah tubuh Anda terkena dehidrasi atau hipotensi jadi anda akan tetap terpenuhi asupan cairan.
  3. Ibu hamil sering mengalai sakit sembelit dengan kulit mentimun yang kaya akan kandungan serat dan berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga sakit sembelit dapat diobati.
  4. Mentimun mempunyai banyak kandungan antioksidan alami yang sangat tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit dan berbagai jenis gangguan lainnya.
  5. Timun mengandung banyak vitamin K yang bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang Anda.
  6. Kandungan vitamin C, B1, B3, B2, magnesium, kalium, seng, asam float, dan zat besi yang terdapat di dalam buah mentimun dapat membantu menjaga pertumbuhan janin yang ada di dalam ibu hamil.
  7. Kandungan vitamin B di dalam dalam buah mentimun berperan penting dalam menjaga mood atau suasana hati Anda agar tetap dalam kondisi stabil dan fit. Hal tersebut sekaligus membantu menjaga pertumbuhan janin menjadi lebih baik.
  8. Kandungan kolagen yang ada di dalam buah mentimun juga bisa membantu mengurangi gangguan selulit pada perut ibu yang sedang hamil sebagai salah satu akibat dari kehamilan tersebut.
  9. Mengkonsumsi mentimun sesuai aturan akan membantu menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Selain itu, buah mentimun juga mengandung senyawa natrium dan juga mineral yang berfungsi untuk megendalikan tekanan darah Anda sehingga terhinda dari risiko darah tinggi pada ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat timun yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan banyak mentimun, dan bisa anda praktekan pada kehidupan sehari-hari anda. Semoga bermanfaat bagi kita semua tentang manfaat timun yang baik untuk kesehatan kita.

Lihat artikel lainnya di dalam website kami, ribuacara.com banyak cara yang bisa anda temukan dalam website tersebut. Bisa anda praktekan sendiri cara tersebut agar bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *